Nogizaka46 Wakatsuki Yumi: Nogizaka itu Sungguh Luar Biasa!


4 Desember 2018, Nogizaka46 menggelar 'Wakatsuki Yumi Sotsugyo Ceremony [若月佑美 卒業セレモニー]' di Nippon Budokan.

'Wakatsuki Yumi Sotsugyo Ceremony' meruapakana seremoni kelulusan member Generasi 1 Wakatsuki Yumi. Seremoni ini dihadiri oleh sekitar 10,000 fans. Selain itu, live viewing upacara ini juga diadakan, total sekitar 25,000 orang menyaksikan penampilan terakhir Wakatsuki bersama Nogizaka46 ini.

Seremoni dibuka dengan Kage-ana yang dibawakan oleh 3 member unit Wakasama Gundan yakni Yamashita Mizuki, Umezawa Minami dan Sakaguchi Tamami. Dengan setlist lagu yang dibuat sendiri oleh Wakatsuki, 'Ookami ni Kuchibue wo [狼に口笛を]' menjadi lagu pembuka kemudian diikuti dengan membawakan lagu 'Oto ga Denai Guitar [音が出ないギター]'.

Dalam setlist lagu yang dibuatnya, Wakatsuki memasukkan 5 lagu yang ingin dibawakannya sebelum kelulusannya.

Saat Encore, Wakatsuki memabacakan sepucuk surat untuk seluruh fans. Dan ketika mengajak member kembali keatas panggung, Wakatsuki mengatakan, "Aku sanagat mencintai member dan Nogizaka46. Aku tidak ingin kehilangan kalian semua", kemudian membawakan lagu 'Ushinaitakunai Kara [失いたくないから]'. Dan saat lagu berkahir, Wakatsuki memberikan karangan bunga kesetiap member sambil mengatakan "Terima kasih". Member yang terkejut oleh kejutan dari Wakatsuki terus menangis namun menerima bunga sambil bertukar senyuman dengan Wakatsuki, hanya kapten Sakurai Reika yang menerima di akhir tidak dapat mengangkat wajahnya.


Lagu 'Dankeschön [ダンケシェーン ]' menjadi lagu penutup seremoni dan Wakatsukipun meneriakkan untuk terakhir kalinya kalimat "Yappa Nogizaka da na!" yang menjadi ciri khas lagu ini saat dibawakan dalam acara konser.



Best 5 Songs yang Ingin Dibawakan Wakatsuki

1. Maa ii ka / まあいいか? - Wakatsuki Yumi & Sakurai Reika


<Percakapan Wakatsuki dan Sakurai ditengah Lagu>
Wakatsuki: Mari kita membuat banyak kenangan yang indah.
Sakurai: Wakachuki Chuki (Aku suka Wakatsuki)~! Aku bahagia~.
Wakatsuki: Hei, Reika, duduk disini!
Sakurai: Ada apa Wakachuki~?
Wakatsuki: Hmm, aku akan lulus kan? Jadi, aku pikir aku harus mengatakan ini ke Reika ... Aku mungkin tidak ada kesempatan lagi.. Reika, ada orang yang lebih baik di dekat Reika.
Sakurai: Eee,, ini seperti percakapan perpisahan. Bukankah ini aneh? Janagan ngomong seperti itu!
Wakatsuki: Reika, terima kasih untuk 7 tahun kebersamaan kita. Hiduplah dengan bahagia!
Sakurai: Jangan seperti itu! Karena aku akan menyesalinya (menyesali kelulusan Wakatsuki).

2. Kokuhaku no Junban / 告白の順番 - Joshiko Quartet


Wakatsuki: Ada banyak hal dalam kehidupan sehari-hari ku yang ku lalui bersama member Joshijko Quartet, aku pun suka dengan melodi lagu ini, karena aku pikir tidak akan ada lagi kesempatan membawakan lagu ini di depan banyak orang, jadi aku memutuskan untuk menampilkannya kali ini. Ini penampilan perdana di depan kalian semua. Dan, dengan ini aku tidak bersama unit ini lagi. Mohon terus dukungannya untuk 3 member lainnya.

3. Shitsuren Osoujinin / 失恋お掃除人 - Wakasama Gundan


Wakatsuki: Semuanya, hari ini akan menjadi penampilan terakhir Wakasama Gundan. Terima kasih untuk dukungannya hingga hari ini! Untuk Mizuki, kamu akan menjadi sosok penting bagi Nogizaka. Untuk Ume, kamu akan menjadi bunganya Nogizaka. Untuk Tamako, kamu adalah masa depan Nogizaka itu sendiri. Aku sangat menyayangi kalian bertiga.

4. Teitaion no Kiss / 低体温のキス - Wakatsuki Yumi, Ito Junna, Higuchi Hina


Wakatsuki: Saat aku memutuskan ingin membawa lagu yang bagus, Teitaion no Kiss adalah jawabannya. <Saat telah selesai membawakan lagu> Dengan lagu ini, aku akan lulus dari sosok otokomae (pria tampan/ cool)! bagaimana juga aku adalah seorang perempuan.

5. Rewind Ano Hi / Rewindあの日 / Wakatsuki Yumi, Sakurai Reika, Nishino Nanase 

Wakatsuki: Ini adalah lagu yang sangat berharga bagi ku, Saat bergabung dengan Nogizaka aku mengatakan ingin memiliki lagu bersama Sakurai dan Nishino, dan akhirnya terwujud. Setiap menyanyikan lagu ini aku semakin menghargai lagu ini. Kami bertiga tidak sering membawakan lagu ini. Meski kami selalu mengatakan suatu hari kami bertiga harus membawakan lagu ini, tapi dengan memiliki lagu ini saja aku sudah bahagia. Bahkan setelah aku luluspun aku akan sering mendengar lagu ini.



Surat Wakatsuki Yumi


Sedari awal, aku selalu memiliki jawaban ketika ditanya mengenai impian ku dimasa depan. Impian yang tidak biasa, bukan bekerja menjadi seorang artis atau sebagainya, tapi aku ingin menjadi sosok yang bisa memberi pengaruh positif bagi kehidupan orang lain. Aku bahkan cukup serius mengatakan hal ini diberbagai kesempatan, jadi aku pikir beberapa orang mungkin tahu ini, bahkan hal itu tidak berubah hingga saat ini.

Ada banyak hal dimana kita dapat dipengaruhi oleh keluarga, teman, wali kelas, guru les dan kerabat dekat, tapi rasanya sulit untuk menerima pengaruh dari orang-orang yang tidak pernah ditemui secara langsung. Jika aku bisa memberi pengaruh positif meski hanya sedikit, maka semua yang ku lakukan selama 7 tahun ini telah terbalas.

Ada hari-hari dimana aku dipenuhi permasalahan dan kekhawatiran, hingga kehilangan arah, apakah dengan sosok ku yang seperti itu aku dapat menolong seseorang. Meski aku benci diriku yang seperti itu, tapi aku sangat bahagia saat kalian mengatakan aku telah memberikan pengaruh positif kepada kalian.

Itu sebabnya aku ingin mengucapkan rasa terima kasih ku kepada kalian semua. Kalian adalah kekuatan bagi ku. Aku sosok yang kikuk dan tidak berkembang, tidak memiliki kemampuan atau sesuatu yang bisa diandalkan, hanya memiliki satu karakter, sensitivitas pun telah berubah, hingga akhir tidak memperlihatkan sosok yang feminim, aku pikir aku tidak seperti sosok seorang idol.

Tapi, karena ada orang-orang yang memberikan dukungannya untuk ku, aku bisa menikmati perjalanan idol ini dan berpikir untuk melakukan yang terbaik dimana saja. Fans luar biasa! Semua member juga sosok yang luar biasa! Staf juga luar biasa! Dengan kata lain, Nogizaka itu sungguh luar biasa! Terima kasih telah mencintai idol yang seperti ini.

※ Maaf untuk setiap kesalahan dalam terjemahan



Wakatsuki Yumi Sotsugyo Ceremony
Hari: Selasa, 4 Desember 2018
Venue: Nippon Budokan

Setlist

Kage-ana: Yamashita Mizuki, Umezawa Minami, Sakaguchi Tamami

M00. Overture
-Dance Opening Act-
M01. Ookami ni Kuchibue wo
M02. Oto ga Denai Guitar
-MC-
M03. Maa ii ka?
-MC&VTR-
M04. Kokuhaku no Junban
-MC-
M05. Border
-MC-
M06. Shitsuren Osoujinin
-MC&VTR-
M07. Teitaion no Kiss
-MC&VTR-
M08. Rewind Ano Hi
-MC-
M09. Aitakatta Kamoshirenai
M10. Girl's Rule
M11. Romantic Ikayaki
M12. Seifuku no Mannequin
M13. Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru
--- ENCORE---
EN01. Ushinaitakunai Kara
EN02. Dankeschön

45 komentar

REIKAAAA ....
yg sabar ya sayang,tabah beib....😭😭😭

Ngomong2 berarti pas nyanyiin oto ga denai guitar yumi jadi bagian senbatsu lagi yah. Soalnya 3 thn terakhir yumi nggak pernah ikutan

Yang sabar capt,,,setidaknya dapat pengakuan di akhir kisah,meski Waka lebih memilih pergi sama Nana😂😂

Setlistnya keren,mungkin dibantu sama agan M..

yang pertama tetep yang ada ikuchan nya hmmm :3

Uuuh suratnya bikin terharu dah =(
Ane suka cinta segitiga Nana-Reika-Yumi :D

Sekarang ane tau kenapa mimin grad dari ngeblog. :)

Kerepotan ane semalam, baik n mantan, semuanya pngen bersandar ke bahu ane, inilah makanya ane males klo ada member yg grad :-v

Sotsugyo omedetoooo

Soalnya 3 thn terakhir yumi nggak pernah ikutan ← maksudnya gmn gan? Oto ga kan dibawain member senbatau+bbrp mmber under kan?

Ane jualan tisu gan, 2 seringgit :D

Klo dah ngomong cinta segitiga gini, jd pngen cepet2 segmen valentine di kojichuu :D

Pait pait pait :D

Ane terharu plus mau kasih dua jempol buat waka krn masukin lagu border ke setlist, terharu sangat ane, tisu mana tisu?

Soal foto maksudnya gan? Ya kan soalnya Reika yg terakhir salaman sama Waka, makanya fotonya dibawah foto Ikuchan :D

Gak usah gan, ane langsung pelukan aja sama Reika. Kasian dia sampai kejer gitu nangisnya :D

Segmen valentin terbaik memang, ane siap tampung para member kalau ada yang ditolak =D

Selamat atas kelulusan ny waka jangan cerai dari kapten pokoknya jangan 😭😭😭

Kgk admind aja sih rata2 entah wota,otaku rata2 sudah males ngeblog rata2 mereka lebih nuaman lewat fb dan twitter bhkan lewat wa

Iya ajalah :D

Tar mungkin gen 4 ya yg beraksi, moga bnyak senpai yg tersakiti :D

Saya coba bikin blog sendiri tapi ribet banget, fb or twitter lebih mudah dan lebih bersahabat meski kadang juga dlm kondisi sibuk

Nah gitu dong gan, tumben setuju =D

Ane mah pengennya semua dari gen 1 sampai gen 4, biar makin banyak yang tersakiti :D

Apaan nih bawa2 mantan. Skali dtinggal udah tinggal aja min.
Dih.
Jgn bikin ane tmbah emosi y, nungguin link 2 konser blom kluar2

Hahaha, niat ane baek loh, cma mncoba meringankan kesedihan Reika, lagian dah sering lok kyk gini 🏃🏃🏃

Yah, klo blog idealnya lebih padat isi beritanya / detil, klo twitter / fb bisa lbih singkat, yg penting info tersampaikan :)

Sekali x nyenengin hati srigala :D

Bol3leh,bikin segmen spesial 1 jam klo gtu ceritanya,btrus sebanyak 3 episode :D

Padahal pengen liat Yumi bawain Seifuku no Mannequin pake kostum Kagome

Tinggal nunggu surat perpisahan dari Mimin nih. Siap siap tisu dari sekarang.

Hahaha, ntar dikira keyaki lagi gan lantaran warna ijonya :D

Waduh :D

Kenapa? Repot aja bikin post kayak gini tiap ada berita baru. :D

Jiaah kayak yang gak serigala aje nih :D

Jangankan 1 jam, 3 hari pun ane ladenin :D

Nahkan, niat baek ane disalh tanggepin :p

Emang enggak gan ;)

Hahahaha, ya semoga ajalah, nonton kojicbu cma 25 menitan trasa kurang :D

Waka gak ngakitin kapten kok 😭

Oh enggak ya, berrti cuma memberi cobaan ke kapten :D

Kan yumi dilagu itu center bareng nishino tapi justru dia yang jarang muncul dilagu itu.

Iya ya, ane gak terlalu merhatiin pla :D

Ngetik komennnya sambil nangis tersedu2 ya? :D


EmoticonEmoticon