STU48 Rilis Detil Single Debut Group "Kurayami"


STU48 telah merilsi MV, cover dan tracklist untuk single debut group 'Kurayami [暗闇]' yang akan dirilis 31 Januari 2018 mendatang.

Syuting MV dilakukan selama dua hari di dua tempat yakni pulau Omishima dan Hakatashima yang terletak di prefektur Ehime dan disytradarai oleh sutradara muda kelahiran tahun 1994, Eda Yuka.

Untuk cover single, lokasi pemotretan dilakukan di pulau Oshima, Ehima dengan menampilkan suasana pagi hari.

TIPE A


CD
  1. Kurayami /暗闇
  2. Setouchi no Koe /瀬戸内の声
  3. STU48 Hyogo ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.5: Hyogo

TIPE B


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Okayama ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.2: Okayama

TIPE C


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Hiroshima ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.7: Hiroshima

TIPE D


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Yamaguchi ver.
  4. T B A Kurayami ~off vocal ver~
  5. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  6. STU48 ~off vocal ver~
  7. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.6: Yamaguchi

TIPE E


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Tokushima ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.1: Tokushima

TIPE F


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Kagawa ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.4: Kagawa

TIPE G


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Ehime ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

DVD
  1. Kurayami Music Video
  2. Setouchi no Koe Music Video
  3. STU48 Setouchi 7 Prefecture Tour ~Hajimemashite, STU48 Desu.~ Live Documentary Series Vol.3: Ehime

Theater Edition


CD
  1. Kurayami / 暗闇
  2. Setouchi no Koe / 瀬戸内の声
  3. STU48 Setouchi ver.
  4. T B A
  5. Kurayami ~off vocal ver~
  6. Setouchi no Koe ~off vocal ver~
  7. STU48 ~off vocal ver~
  8. T B A ~off vocal ver~

Selected Member

★ Kurayami - Senbatsu ★
Kenkyuusei: Ishida Chiho, Ishida Minami, Isogai Kanon, Ichioka Ayumi, Imamura Mitsuki, Iwata Hina, Kadowaki Miyuna, Sano Haruka, Takino Yumiko, Tanaka Kouko, Torobu Yuri, Fukuda Akari, Fujiwara Azusa, Mori Kaho, Yabushita Fu
AKB48 / STU48: Okada Nana

★ Setouchi no Koe - Senbatsu ★
Kenkyuusei: Isogai Kanon, Ichioka Ayumi, Iwata Hina, Ozaki Mami, Kadota Momona, Takino Yumiko, Taniguchi Mahina, Cho Orie, Torobu Yuri, Fukuda Akari, Fujiwara Azusa, Mishima Haruka, Mori Kaho, Yabushita Fu
AKB48 / STU48: Okada Nana
HKT48: Sashihara Rino


Music Video

Kurayami - Senbatsu

80 komentar

Storylinenya 2.5/10 karena storynya rada kurang jelas
Covernya juga ada yg mirip kayak ngt :(
Lagunya 3/10 karena b aja, nothing special :(
Seifukunya 4/10 bagus si, cuma kayak ada yg kurang :D
Membernya 7/10 karena gak full squad :(
Pemandangannya 10/10 :D diantara semua elemen mvnya entah knp paling suka smaa pemandangannya :D

Sebenernya mengecewakan si single debutnya :(
semoga salesnya tidak begitu dan semoga kapalnya cepet selesai :)

Kesannya sama kayak waktu pertama kali ane denger sekai aozora. Biasa aja. Cuma karena di ngt ane bias jadi akhirnya dua kali denger ane langsung suka :D

Hampir mau rilis singlenya tapi belum ada kabar soal perahunya? Masa mau ditunda lagi?

Yukoo ane liat oshi ane tih di situ
Wkwk
Canda min

Cover tipe A mirip Yuko ya? wkwk

Ga jelek tapi ga ada yang menonjol gitu, kalau menurut ane sih bakalan ane download tapi ga bakal ane cari2. Terus ngerasa jadi mirip nogi ga? Yah sekedar konsep ga apa sih, kalau dri Setouchi no Koe ditambah ini kesannya STU itu konsep anak sekolah santai mnrt ane

Welahdalah, STU kyknya bkal jadi idol khas pmandangan ya klo gini penilainnya :D

Awal MVnya yg maen speda jd keinget MV Aitakatta :D

"Seifukunya 4/10 bagus si, cuma kayak ada yg kurang" <- kurang apa nih? bhannya dikurangin gtu? :ng

Iyasih, agk kurang kuat lagunya, musik n mvnya, moga gk bnyak yg berpendpt kyk gini :)
"semoga salesnya tidak begitu dan semoga kapalnya cepet selesai" <- Aaamiiiin :)

Emng disini agan gk ada stok yg bisa bikin bias? Kan agan buka canag disemua grup :D

Mungkin ntar diumumin pas STU gelar konser solo bulan januari nanti :D

Yukoo, maksudnya kyk komen agan2 dibawah ini? :D

Baru sadar ane, trutama bgain mata :D

Iya, gk ada yg nendang amat baik di lagu maupun mvnya, tpi gk jelek jug :)

"Terus ngerasa jadi mirip nogi ga?" <- maksud agan dari segi kostum? mungkin demi tokyo 2020 :)

"Setouchi no Koe ditambah ini kesannya STU itu konsep anak sekolah santai mnrt ane" <- klo dari lagu STU jd kyk group melo :ng

Liat seifuku nya jadi ingat corpse party😆😆😆

Btw Iku tampil menawan di MTV Plugged ya,kece badai,,,makin cinta....ehhh😆😆

Wkwk yess mirip banget sama yuko
Single dah mau keluar tapi teather belum kelar semoga cepet terealisasi
Centernya makin cihuy nih wkwk

Dulunya da min pas masih ada emak :D Tapi semenjak emak ngumumin stop kenninnya jadi ane emang males nyari lagi :D Pernah hampir mau klaim Hinachan tapi setelah nonton srnya ane gak nemuin sesuatu yang spesial jadi gak deh :D

Kasian fansnya diPHPin terus :D Kayaknya theaternya mau dipindah ke tengah-tengah laut makanya bisa lama gitu :D

gan coba liat coupling songnya SKE48 sawaranu romance SKE48 sekarang sudah mulai hidup lgi lagunya lumayan bagus dancenya energik wajah2 membernya bisa di bilang cukup bersaing

untuk kali ini malah coupling SKE48 yg lumayan menarik,wajah member2nya juga bisa di bilang bersaing,min upload couplingnya SKE dong

Semoga ini grup yg terakhir dibuat ama pak aki-p..

oh iya beberapa koment fan yg saya telusuri ada yg mengeluh tentang dislike 700an dgn ngejudge fans sakamichi,bukan masalah fans sakamichi sih tapi musiknya memang plain kurang begitu wah banget lagunya bagus tapi kurang nendang,mungkin fans juga kecewa di phpin dgn teater,STU dalam pembentukannya pertama kali menurut saya terkesan latah dan terburu buru btw tentang tokyo 2020 sepertinya pemerintah jepang tidak akan menggunakan jasa idol group tapi lebih memilih penyanyi biasa kayak daoko wagaki band,namie amuro dll

Ntah apa yg mirip tapi ada kesan 46 nya gitu min. Cover sih mirip Keya, cuma dari MV gitu ada Nogi nya

@Ragnarok : Iya cw SKE bagus tuh gan, harusnya dijadiin single

entah kenapa adek 48 yang ini keliatan jelas vibe 46 nya ketimbang 48 nya

dan ane setuju sama agan yang komen diatas semoga adek 48 ini yang terakhir, sayang banget sih buat single debut tapi dikasihnya single beginian

btw lagu ini menurut ane cocoknya buat hiragana keya, buat under nogi sebenernya juga cocok cuma bakalan underrated karena warna lagunya mirip kebanyakan lagu nogi

Skdr lewat ingin lihat STU,tp malah suka sama Center'y..haha :D
Musik,lagu,MV,seifuku gak komen,krn gak tahu apa2 soal STU saya mh :D

Itu pada baris", mau upacara bendera ya, hhe

Lagu
Lagunya Lumayan Enak Meskipun Bukan Termasuk Lagu Yang Mudah Diinget. Dalam Lagu Ini Ada Bagian Yang Agak Mirip Sama Lagu "Ray"nya Bump Of Chicken...
youtu.be/ZmmuzmbsleY?t=59s
youtu.be/whdFuBF1EA8?t=1m30s
Dan Bagian Itulah Yang Jadi Favorit Ane :D
Lagu Ini Ane Kasih Nilai 6/10

MV
Director MV Ini Sukses Mengekploitasi Latar Tempat Dengan Sangat Baik. Ane Sebagai Penonton Seperti Merasakan Vibe Yang Sama Dengan Para Member. Director MV Ini Cocok Banget Dijadiin Director "Wonderful Indonesia"-nya Setouchi :D
MV Ini Ane Kasih Nilai 8.5/10

Cover
Entah Siapa Sih Yang Ngasih Ide Untuk Memberikan Background Yang Berbeda Untuk Bagian Titel Type A-F :p
Cover Type A-F Ane Kasih Nilai 1/10
Cover Lainnya Ane Kasih Nilai 1.5/10

Label yg menaungi stu48 siapa?

Klo mnrut ane seifukunya agak kurg pas dibgian kerah, agak maksa aja.

Liat seifukunya ajdi inget sailor zombie :D

Oi oi oi
http://bit.ly/2xplyMY

Ternyata titisan Yuko bukan Mion tp mmber STU yg satu ini :D

Kapal sih, butuh proses lebih :D

Berarti ini semua gra2 emak lah ya jd agan gk buka canag di STU :D
Gak mau gtu klaim adeknya Shu? :D

Hahahahaha, jgn2 tar theatrnya ditengah pulau terpencil gtu lagi :D

Waduh, klo ada tawaran menggiurkan lagi yg datang ane yakin aki-p bkal ngangguk2 aja :D

Yg ngejudga itu fans sebuah grup orng yg kurang konsumsi micin itu :D
namie amuro bukannya mau pensiun? @@,

Ane mlh gk ngeliat itu gan, lagu slownya ane rasa masih khas 48G @@,

Hahahaha, mudah2an sih, biar bisa fokus jg si aki-p dgn idol dml negeri #LOH :ng

Yg ane mash bingung knp member yg maish fresh tpi kemasan lagunya yg slow2 gini, moga coupling songnya lebih fresh n ceria deh lagunya :)

Pake alasan skedar lewat, bilang aja emng pngen cari mangsa baru :D

Wah lbih tinggi dari nilai lagu ske kmarin :ng
bias gra2 BoC nya nih :D

Sutradara muda berbakat berarti :-bd

Brrti yg agan suka cover type G n theater ya

Isogai Kanon kurang banyak dapat scene nih, 😥😥😥😥

Knp gk ini yg dijadiin lagu a-side ya :-bd

"Klo mnrut ane seifukunya agak kurg pas dibgian kerah, agak maksa aja. " <- klo mnurut ane mlah nambah imut, baju yg kebesaran + kerah :-bd

"min upload couplingnya SKE dong " <- sayangnya short ver, ane cuma up berita yg full gan :)

Welah dalah, gk tau ane sosok yg gaan sebut :p

Iya ya😆😆😆

Udah liat kan?
Nitip kissu kissu ya sama myIku....

Gimana situ mau tau, lah dapat scenenya aja dikit

Ntah kenapa ane ga bisa liat sosok yuko di mion wkwk
Kalo face mirip kojimako
Kalo dance sama aura hmm bingung wkwk

Belum,saya liat2 di channel avex di masih aktif,inilah yg di sebut diva musik karir yg fokus pada musik lebih panjang umur masa aktifnya,beda banget dgn idol,idol kalau umur sudah tuir dikit alamat karirnya meredup bahkan ancur 😂😂😂😂,soal judge ke sakamichi maklum ada komen orang jepang yg nulis komen "sakamichi ppoi=sakamichi-ish" mungkin ada fan luar negeri yg terpelatuk saat menerjemahkan atau ngerti bahasa jepang

Baru ngeh udh keluar ajah MV debut singlenya, dan baru ajah gw tonton, dan yg gw liat, MVnya ok lah, lagunya jg menurut gw jg udh pas, dan sptnya lbh bermain aman utk debut single ini, pokoknya blm ada yg mengganjal lah

Hahaha, ya kan bisa dikasih tau dia nongol di menit n detik berapa samapi brp :D

Para Yuko oshi bkal bernostlagia gra2 liat cover type A :D

Weh tanggapan postifi dong sma lagu single debut ini :-bd

Iya, skrng masih aktif tpi kyknya gk sampe tahun 2020 dia dah pensiun, soalnya ane kmarin dikasih tau dia bkal tmpil di kouhaku thun ini sbg pnampilan terkahir sblum pensiun brrti karirnya gk sampe 2020. @@,

Cuekin aja mah komen adu domba fans kyk gtu :)

Hahahaha :ng
Klo bgi ane, awal2 aja Mako klihatan mirip Yuko, stelah sering liat muka Mako, ane gk nangkap lagi klo wjah mreka mirip :D
"Kalo dance sama aura hmm bingung" <- sama :ng

saya kira pemerintah jepang pastilah ngegunain penyanyi biasa untuk tokyo 2020,misal kalaupun anggota idol group di ambil yg pasti yg di ambil pastilah yg lebih profesional di bidang tarik suara diva2 muda kayak leo ieri,kanna nishino daoko dll bisa jadi alternatif saat diva2 kayak namie amuro pensiun tapi bisa jadi namie amuro comeback sementara di 2020 olympic demi memenuhi panggilan setelah itu mungkin namie amuro pensi

tapi dislike sekarang sudah 800 lebih,diantara sister group STU dan lagu ini yg paling cepat dislikenya,yg pasti ini yg ngelakuin orang jepang

Ntahlah klo amuro nya ntar kyk gtu :)

Slma dislikenya gk rusuh dgn adu domba fans group :)

Beneran hanya skdr penasaran,tp lihat center'y malah suka..haha :p
baru tahu nama center'y barusan,krn kemarin lgsg klik video'y gak dibaca detail'y :ng
Titip salam min :D

cover type A ane kira Neru wkwkw :D

Ada tpnya jg, gw jg gak ngelak kl single ini ada kekurangannya, apalagi spt yg udh disampaikan yg lain, terlalu ke Nogi2an, pdhl ini 48 bukan 46, tp kl mau jujur jg sbnrnya bwt gw itu gak terlalu jd yg dipermasalahkan, tp kl soal debut single antar grup Akip yah, baik 48 ato 46, ttp Silent Majority Keyaki msh yg terbaik bwt gw sampe saat ini

Lagunya Emang Bagusan Yang Ini Min :)

Agan Tau Darimana Sutradaranya Muda??

Cover Type G & Theater Emang Lebih Bagus Dari Type A-F Tapi Tetep Sama2 Gk Ane Demen...

Dan juga Seifukunya keliatan elegan dan gak terlalu terbuka :v

Iya deh ane coba percaya :ng
Titip salam? emng ane tukang kirim salam :ng

Welah, disaat yg laen n ane bilang Yuko, eh siagan bawa2 Nerukuh :ng

Ane mlah gk nagkep ini lagu ke nogi2an atau ke 462an :)

:D

"Agan Tau Darimana Sutradaranya Muda??" <- wah ketahuan nih maen komen aja gk dibaca isi artikelnya :D

Bagus lah :-bd
Kan mimin kenal sama center'y,sekali2 comblangin lah :D :D

Ane Cuma Baca Tracklist Sama Lihat Gambarnya Doang :D

Btw Link MVnya Kok Gk Bisa Yak Padahal Kmaren Bisa @@,

Suatu kputusan dlm hidup ane yg sngat berat :D

Kenal dari mana, ane aja gk inget2 namanya :ng

Nah kan :ng

Dihapus trus diupload ulang gan, spekulasi, gra2 bnyak yg dislike videonya.
ini link yg baru:
https://youtu.be/wTHJ_V96lFQ

Tpi tetep aja bnyak yg dislike, kamrin dah 700 dislike, yg baru ini jg dah mau 700 (pas ane nulis komen ini)

i love that concept of cover so much

coba ada rejeki lebih, dah saya undang bebeb miho buat photo shoot kayak gitu, hhe

[INFO] Memperoleh banyak dislike, MV "Kurayami" STU48 diupload ulang ini berita dari 48 fam ina ada apa sih dgn masyarakat sono???

Baru aja dibicarain eh lahir grup barunya :D :D :D

lbih tepatnya ada apa dn msyrakat dunia maya :)

Entah Spekulasi Itu Bener Atau Nggak Tapi Yang Pasti MV Yang Baru Diupload Ini Sedikit Beda Dengan Sebelumnya...

Sangat berata atau sangat senang? :D

Gak kenal,tp tahu kan? :ng

Iya kah? masal harus download lagi ane yg baru ini buat nyari perbedaannya :ng

Sangat mata super duper berat sekali :p

Tahu klo liat foto atau MV nya, habis itu lupa algi yg gmn wajahnya, otak ane dah terlalu overload :ng


EmoticonEmoticon