AKB48 Bentuk Sister Group Baru MUM48 di Mumbai, India


AKB48 kembali akan membentuk siter group luar Jepang kelima mereka yakni MUM48 yang akan berbais di Mumbai, India.

Hal ini diumumkan oleh general manager AKB48 Group Yokoyama Yui saat tampil di SHOWROOM pada tanggal 27 Desember 2017. Dalam siaran live ini, Yokoyama mengumumkan bahwa group ini akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang.

Yokoyama berkomentar, "Warna logo [MUM48] hijau kekuningan. Tampaknya warna yg mewakili India dan menggambarkan sebuah pertumbuhan." Mengenai detil audisi, Yokoyama mengatakan akan diumumkan disitus resmi grup.

97 komentar

Rame ini, bisa2 ada joget-joget ala Film Bollywood :ng :ng

Boljug nambah lg, ntar yg ada Jpop rasa Bollywood, jgn2 ntar kyk contoh lagu Koisuru Fortune Cookie pk irama Bollywood, gila jg lama2

WHAT !!!??
Gambaran ane gak nyampe liat MUM48 :v
Dan ntar bakal ada team M ganda ?

Kkk diup juga sama miminnya :D

Ngebayangin entar membernya seifukunya make sari semua kkkk terus nyanyi make aksen inggris-india :D :D :D

Fukyouwaon Keyaki bisa jadi gambaranlah gmn ntar MUM48 beraksi :D :D :D

Nambah si nambah, tpi moga sister grup luar ngeri yg dah ada gk makin terbengkalai :)

Ane jg kaget, Mumbai? :D
"Dan ntar bakal ada team M ganda ?" <- bkn cuma itu gan, Team U milik sapa duluan nih? STU atau MUM? :D

Ane gk tau ada berita ini sampe buka twitter trus ada yg ngetweet nanya gk up soal ini n trnyata si agan jd smpt komen meski dah dihapus :D

Hahahahah, mantap ini ntar perfomnya, siap2 SKE n keya yg terkenal dgn dancenya digeser sma MUM48 :D

Jauh min kalau sama yg Fukyouwaon itu, keyaki kurang senyuman min :ng

Kalau India lebih banyak senyuman menggodanya :ng
Tariannya jg lebih bergairah biasanya, hehehehe πŸ˜‚

Waw aku terkejut :D
Bakalan jd saingan'y JKT48 Dangdut kyk'y :D
Judul single'y nanti acha acha nehi,mere ge hese :D :D :D

Min boleh nggak tolong cubit pipi saya atau tampar juga boleh,saya sendiri masih bingung masih tidur dan di alam mimpi atau sudah bangun ya??😨😨😨😨😨😨😨😨😨😨omg,masih belum percaya atau saya lagi mabok aja ya??????

Mending jadi yang ke 2,lebih keren :U2,ace nya Bono πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Mv nya ntar di Taj Mahal,koreo nyo om Hritik Roshan,trus kalau AKB ada lagu AKB sanjou,kalau ini MUM hota haiπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Debut Single
Koi Mil Gaya Fortune Cookie

MV
Joget2 Di Depan Taj Mahal Saat Hujan...
Ada Adegan Center Kejar2an Dengan Pemeran Cowok Sambil Muter2 Pohon

Pemeran Cowok Dalam MV
Cowok India Yang Ada Di MV Wakareegiwa

Produser MV
Sunil Samtani

:-bd :D

Hentakan musik sama suara BGM coeok pnuh smngat gan yg mirip lagu india :D

Di theater MUM, pasti ntar ada set sebuah phon2an trus dibikin hujan buatan :D

Waw saya terkesima :D
Hahahaha :ng
Pkoe siapin aja space di Kompi buat nampung lagu2 mreka ntar, bakal joget pinggu lnih, pas ane nulsi komen ini aja scr gk sadar pinggul ane dah bergoyang :D

Ini berita hit menjelang akhir tahun 2017 gan :D

Pham bener nih sama dunia bollywood :D

Baca komen agan bikin ngakak, tpi buyar pas baca kalimat yg ini:
Cowok India Yang Ada Di MV Wakareegiwa :p

Seenggaknya MBI48 kek, ini mah ane kira mau bikin sister group khusus emak2

Hahahaha, iya ya, pngucapannya jg lebih keren, Em Bi Ay :D

Hanya sebagai penikmat min,tapi khusus yang legend2 aja,tapi akhir2 ini banyak film 'sampah' yang rilis,jadi kurang sreg

Legend2 kyk amitabh bach-chan ya?
*"chan" dipisah, ini orng india atau jepang? :ng

Heee, indihe.. wotanya gimana? Image india di internet bikin ga bisa ngebayangin ane :ng

Dulu pernah bayangin AKB buat sister di India, ternyata beneran dam sekarang speechless mikir juga gimana budaya JPop bisa lebur kesana.
Dan sedih bgt lihat beberapa komentar, aku tahu mereka guyon tp makin kesini makin rasis. Sebagai pecinta dan penikmat India bener2 risih bacanya. Maaf bgt, yg menganalogikan India = hujan, pohon, dan boobs bener2 salah kaprah. Nyatanya sekarang udah ngga banyak yg kaya gitu. Itu udah di jaman sebelum aku lahir. Musik2 di hpku cuma dr India dan Jepang dan enak2 aja dengernya. Apalagi kalo dipadu suara melengking perempuan India sama musik Jepang, bagus kok.

Ditunggu aja tanggal amennya gan :-bd

Wah sori klo risih.
"Itu udah di jaman sebelum aku lahir" <- anggap aja yg komen hujan phon dsb lagi mngennag tontonan masa lalu dan generasi old, termasuk ane didalamnya :)
Skrng dah gk ikutin lagi prkmbngan industri film india :)
Sklali lgi sori klo risih sama candaan yg kelewatan ini :)

Mau trkenal tp " g modal "
(lok mreka2 yg pham & nangkp mksud komen ane psti pham mksud ane apa )
jujur ane lma2 uda mkin mls liat 48G yg asik bkin sister2 group bru d luar jepang ( semata msta2 tu smua cma bisnis doang )

Ane masuk golongan yg gak pham gan :D
Klo ane sih gk msalah asal jgn bikin yg baru yg lama diabaikan :)

Baru bayangin doang ane udah pengen joget india min perasaan hahahaha

Aku ingin melompat dan terbang saking Gk tau harus berkata apa lagi :D good luck aja deh buat gadis2 pemutar Pohon :D

Mari ditelaah trlbih dlu, tp mohon dkoreksi jg klo ada yg slah :D
Patut dinantikan sbnernya, gmn budaya bollywood yg kental di sisipi budaya jpop its kinda interesting mix actually :D
Pemilihan kota mumbai jg ckup tepat krna pusat hiburan disna.jd seenggaknya link buat para mmber bersinar itu besar jg.
Tp yg jd agak concern adl posisi wanita di india, qt tau sndri srg dnger brita pelecehan seksual(pemerkosaa) yg trjd oleh wanita dsna kan?. Krn setahu ane derajat wanita di india ckup rendah jg.
Kecuali khusus mum48 mmbernya pada laki semua.
Oh y satu lagi yg ane btuh pencerahan, emg penerimaan budaya jepang di india gmn? Shg akip brani ambil tindakan ini.

mudah mudahan ada bebeb Miho 2.0
yang sebagaian gadis india perawakannya mereka seperti bebeb Miho atau Yamashita Emiri kapten team TII HKT48, hhe

Sebenernya gapengen ngapus cuma entar dibilang banyak maunya :D :D :D

Tapi mnl aja belum debut uda ada project baru lagi ckckck emangdah si babe :ng

sama gan, begitu baca MUM kemarin ane kira, "hah? 48 ibuk ibuk?" apa mamah muda wkwkkwk XD
ternyata mumbai,
asyik siih lihat dancer nya India yg rampak dan kece itu, tp ane gabisa bayangin penontonnya yang .... yaaah... semoga nanti membernya baik2 aja,
btw, beneran mau tembus India? Kpop aja rada susah nembus sana *jd inget variety fluttering India XD

fukyuwaon nadanya semi india kalau yg ngolah musik pintar bisa kok jpop ala india tapi jangan terkesan kayak kasus jkt48 aja masih terkesan google translate aja,kalau terkesan terjemahan asal2an bisa jadi bahan guyonan,mengingat bahasa india itu banyak ada urdu,hindi,bengali,malayalam,gujarati,tamil dll lagu2gu india yg cocok ke jpop itu kayak You Are My Soniya

mau menaklukan sesama bangsa altaik kayak korea tiongkok susah,MNL48 juga masih gak jelas di indonesia budaya idol kurang bisa di terima,BNK48 masih angin2an,mendirikan MUM48 juga terkesan perjudian

orang orang west bengal sikim dekat perbatasan myanmar nepal bhutan rata2 india mata sipit ingat pemain sepak bola india baichung bhutia dari klub king fisher east bengal yg dulu mengalahkan petrokimia putra,orangnnya wajah oriental

Yang pasti King KhanπŸ˜†

itu karena budaya idol kurang bisa di terima di kancah internasional min,dunia musik sekarang patokannya western pop

Klo gk bisa diterima, knp aki-p brani bkin sister grup di luar jepang?
JKT ane rasa cukup diterima diindo, cuma lantran masih cover lagu2 sang kakak jadi ya ntahlah :)

:ng

Ya bgtulah, ane sih agak tega, gk bgtu mikirin yg laen selain nasib idol group dlm negeri gan :D

HAhahahaha, yg mikirin singkatan namanya sapa ya? perlu diinterogasi kyknya :ng
Kita liat aja, se kreatif apa stategi aki-p n tomodachi dgn proyek barunya ini :-bd

Makanya ane makin khwatir dgn nasib JKT, fans teriak2 soal terjmhan lagu sdngkan single ori tk kunjung tiba, tpi klo soal terjemahan ane pribadisih bisa memaklumi klo terkesan maksa, namanya jg beda bhasa trus harus dicocoki sma musik lagi

Diliat aja ntar apa aki-p n kerajaannya sukses menaklukan dunia industri bollywood :)

Ane termasuk orng yg pnasaran gmn kemasan nih siser grup baru, termasuk soal dance mreka :-bd

Ane jongkok nungguin gan, penasaran asli :)

"Patut dinantikan sbnernya, gmn budaya bollywood yg kental di sisipi budaya jpop its kinda interesting mix actually: <- setuja :-bd

Klo di mumbai sndiri mungkin urusan drajat wanita gk bgtu gmn2, mungkin kasus2 yg bgtu terjadi di daerah india

Klo soal budya jpop di india ane jg krang tau, makanya salah satu yg bikin ane pnsaran gmn hasil dari proyek baru aki-p ini

Bebeb2, jgn gangu Miho, dia lagi asyik maen kmbng api, pdahal ane beliin buat tahun baru, dasr adek ane yg satu ini:
http://bit.ly/2E50zls

Umur sih yaπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

presentasenya berapa??bukan masalah cover tapi lihat di indo sendiri jkt48 malah defisit,teaternya aja cuma beberapa kalangan saja yg datang,di filipina mayoritas lebih kiblat ke US musik dan kpop peminat pasti ada tapi presentasenya kecil itupun sedikit bantuan dari fans jejepangan padahal filipina animr otakunya banyak tapi mereka boleh saja menyukai anime tapi apa mereka bisa menyukai idol terutama 48 family??fans anime belum tentu bisa menyukai idol meskipun sama2 buatan jepang

Iya ngga papa min, risihnya lebih ke komentar di fp facebook. Banyak bgt yg rasis dan akhirnya menjelekkan India. Ntar kalo MUM48 debut banyak project bagus langsung deh dibandingin sama yg lokal. Karena aku penikmat musik kedua negara tersebut, aku merasa gimana gitu.

Derajat wanita di India masih rendah kalo masih kentel sama budaya tradisional dan di desa2. Kalo yg udah kesentuh modern udah mulai terangkat, setahuku. Aku juga bingungnya India masih kentel bgt budayanya. Meskipun kalo syuting Bollywood di kuar negeri, pasti tetep bawa budaya India. Musiknya juga gitu. Ya lihat aja lah nanti, kalau dari MUM48 ini sukses bisa jadi pintu gerbang buat masuknya budaya Jepang.

Kalo di JKT48 mah.. Ada Aurel nya Team KIII yang rada mirip mereka, hhe

Tapi, mari kita doakan yang terbaik untuk mereka kedepannya, hhe

Meme soal ini udah banyak, salah satu yg parah sih

2005 idol that you can meet
2017 idol that s**t on the street

Karena image buruknya, :p

Pen liat industri idol d muncul cemana

Setdah mau bikin lagi di india, bagus sih pangsa pasar lebih meluas lagi tapi ya *ehem* idol dalam negeri sama luar negeri yang udah dibikin (seharusnya) diurus dulu sampe bener mateng dan siap bikin baru lagi. Ya kalo memang ini yang terbaik sih apa kata babeh sajoo, semoga duet sama om arijit hehe.

Semoga sukses~

Iyasi sekarang kayak dianaktirikan :(
Pengennya kayak SNH sampe maju kayak sekarang, tapi.... Ya tau sendiri lah :D

Yah kalau India sih konsep flash mob macem Kfc sama knp cocok dah

Cuman serius ini ane smp sekarang masih ga sreg namanya, moga2 macem Keyaki la dari Toriizaka jadi Keyakizaka ganti nama

@Ragnarok:Ngomongin Fukyowaon jd inget lagu Nogi yg Miona center, Wakaregiwa itu pas d MV doi naksir cowo india eh tak taunya spanyol XD

@Admin:
"Skrng dah gk ikutin lagi prkmbngan industri film india" << Coba Tonton Film 3 Idiots Sama PK Min :-bd

Btw Cowok India Itu Kalo Diliat2 Agak Mirip Sama Pemeran Utamanya Sinetron Pensil Ajaib Yak :D
goo.gl/5sficG

Atau Cuma Perasaan Ane @@,

Tinggal benua Afrika dan negara2 Liga Arab yg blm di ekspedisi sama Aki-P :D
Jgn remehkan indihe min,lmyn ckp2 kyk Priyanka Chopra,dan 1lg lupa yg masuk 100 wanita cantik sedunia :D
Tp Kyk'y pass dh,di 48G saya dah cukup senang ada Sakura,Haruppi,SM dan YA ..ckp streaming aja :D

Lebih berkarisma soalnya di mata ane, kalem2 menghanyutkan :-bd

" jkt48 malah defisit,teaternya aja cuma beberapa kalangan saja yg datang"

Agan perneh denger theater kapasitas pernah over kapaistas alias ada pnonton yg sampe harus berdiri nnton theater? antrian membludak? ya itu kala JKT "masih jaya" dan sbleum "playanan" theater membuat "keluhan" muncul diklangan pecibnta theater.
Yah, ane gk tau pasti krena ane sndiri gk pernah mrasakan scr langsung cuma dri info2 yg pernah ane bca dikala ane amsih ngiktuin bner perkmbngan JKT :ng
bgtulah keadannya, lagian jgn lupa, klo bcra indo, budaya jepang udah punya basic, anime, komik, cosplay dsb terlihat seringnya event2 berbau jepang sering hadir di indo ya meski kyk agn bilng, blum tentu para pecinta anime dsb bisa myukai JKT tp ane tetep rasa jpop mudah diterima di indo, soal JKT knp akhir2 ini terlihat "lesu", mungkin yg masih ngikutin mreka sampe saat ini yg bisa ksih komen, ane gk pantas :ng cuma yg ane tangkap salah satunya single ori yg blum terealisasi, moga JKT jaya terus :)

@Rigita:
Klo ane pribadi gk ada niatan menjelekkan, gmn juga film2 india pernah jadi hiburan hari2 ane :-bd

=============================

@Tube:
Gak usah bhas itu gan, klo agn bhas ane nangis nih

=================

@Brokoli:
Klo film 3 diot kyknya ane oernah nonton, film india yg terkahir nnton kyknya my name is khan

Nah, ane juga mikir gtu, klo mumbai ane rasa dah tersentuh pemikiran modern soal status wanita.
Nah itu, yg bikin pnasaran dari MUM ini ya perpaduan 2 budaya, apa bisa dikemas menajdi satu atau tetep ya budaya jepang yg lebih mnonjol

Duh sapa lagi itu, ane bener2 blank klo bcra soal JKT, maafkan :)

Biarlah yg parah2 diluar sana, disini yg aman2 aja :D

Hahahaha, yah bgtulah gan, takutnya hukum alam bener2 bakal terjadi (kykny dah terjadi juga sih), yg baru ada yg lama terlupakan.
Miga2 aki-p gk gitu tabiatnya, semoga :)

Moga ini prasangka buruk aja, sbenanrnya aks masih sayang sama idol dlm negeri, smoga :)

:-bd

Hahaha, moga nama ini bleum diadain acara tumpengannya jadi masih bisa lah ganti nama :ng

Iya ya, miripnya
.
.
.
.
OI!, itukan emng sinetron dari India gan, dasar, Shaka Laka Boom Boom :ng

Emng ane ada ngeremehin indihe ya? @@,
Agan Pas? Ane harus percaya? Knp yg 2 laginya cuma pake inisial sgl? :ng

Syg skali,trakhir kali brita yg ane baca kasus pemerkosaan yg brujung pembunuhan trjd dikota besar (slah satu dri skian bnyak kasus yg trungkap). Dan jgn mnyepelekan yg ddaerah jg krn mrk kbnyakan lbih tau aturan dan budaya cm y itu yg pling cringy prnikahan usia trlalu dini sprti yg diangkat di drama2 india

Pokoknya chousetzu kawaiii...kajol!

Kl menurut gw ada lg faktor yg bikin JKT lesu, slh 1nya yah krn ulah member sendiri, yg dikit2 manja, dikit2 grad, dikit2 skandal, apalagi member2 gen baru, coba bandingin ama member2 old kyk gen 1 gen 2, lumayan tahan banting loh itu, meskipun gak semuanya jg, gen 3 keatas tuh udh bikin gw sakit ati rata2, kenyataannya spt itu

Nah toe dia
Sedangakn d indo yg "nerima smua budaya" yg lagi viral aja pling cma anget2 unko kucing aja. Ne apa lg d negara yg sma sekali g da tradisi idol2ny. Ne ane liat semata mata cma buat ngasilin duit aja + moga2 aja nama akb bsa mkin d kenal d luar jepang ( asia khususny ).
Mksud ane min, strategi akb n kebanyakn artis or musisi jepang toe skrg uda kuno ( mreka msi make strategi pemasaran jaman dlu bgt ) ya lok ujung2ny dpt untung bsr mah emg g slah. Cma lok strategi toe d pake buat mkin dikenal d dunia internasional ( uda ktinggalan jaman bgt ane blg, khususny buat akb dlm hal ini ). Mreka krna pgin hemat uang n pgin d kenal d luar jepang ya strateginy kyk gini bkin sister group yg g jls k negara2 lain ( ya untungny aja da invstor ya mau walau ane g yakin bkal lama toe projek ato brhasil toe projek ato sukses toe projek )
Ya singktny lok mau dikenal + trkenal ya hrus modal uit bsr la. Cth pling gmpang hrus konser tour keliling asia dulu la ( ane tnya sejak akb d bntuk smpe skrg apa prnah akb lakuin toe ) kgk kn wkwkwk

jaman sekarang ingin terkenal di dunia ya harus modal banyak mau nggak mau permak wajah total dan enak di lihat(sah sah saja inikan dunia hiburan mereka tentu dong ingin yg terbaik)tour keliling dunia,plus jangan samakan industri entertainment itu seperti industri,sembako,cemilan,makanan dll yg sifatnya untuk kebutuhan primer,entertainment sifatnya sekunder bagus di lihat jelek ya di cuekin atau bahasa kasarnya" nggak lihat elu juga gue masih bisa makan kenyang"dunia entertainment lebih kejam dari ibu tiri

oh iya,caleg dan capres aja jika ingin menang ya harus kampanye dgn modal banyak :ng jaman sekarang duhhh :p

3 idiots :-bd
Kal ho naa ho bikin mewek. :(

Maka dr toe ane blg
Akb toe g "modal" buat jd trkenal.
*Uda lah ntar ane malah d blg penyebar kebencian lg 😁

Ya kasus di kota gk mnutup kmungkin bisa terjadi juga, cuma klo bicara soal pola pikir masyrakatnya, ane rasa soal posisi wanita di msyrakat kota lebih baik, mungkin

Klo soal member ane no komen deh, buta sama sekali, ane cuma menggapi jkt scr grup, gk per mmber :)

Ukuran terkenal skrng itu sperti apa sih? klo liat forum stage48 yg dari berbgaia negera bukan kah itu udah bisa diiblang idol group besutan aki-p terkenal? @@,

Klo bikin mewek, rata2 film india ada momen yg bikin meweknya :-bd

@Admin:
Coba Tonton Film PK Juga Gan...
Yang Jadi Pemeran Utamanya Amir Khan Juga Sama Kayak 3 Idiots Kalo Suka Film Yang Mengangkat Isu Agama, Pasti Suka Film Ini :-bd

==============================
@Mas:
Endingnya Bikin Baper =(

Kalo yg ngakak, ane liat film india yg ada johnny lever. :D
Kalo buat delusi, liat film yg ada katrina kaif. :D

ukurannya,bisa menjangkau kaum awam orang awam itu bilang korea=k-pop,drakor,romantis,oplas,samsung
jepang=anime,JAV,miyabi,sora aoi,naruto,daihatsu,honda,yamaha,toyota,doraemon,nobita,shinchan,sushi,oshin itulah yg mengidentikan kedua negara tersebut sedangkan idol group???hanya orang2 tertentu saja yg mengerti

oh iya di smartphoneku ada gambar berika,masa sama mertuaku di kira kolektor gambar bintang bokep adewws =(

Oh gtu, sbenanrnya amsih ada yg mengganjal dlm pikiran ane tpi ya udahlah, ane gk bisa nyusun kata2nya, dah jam sgini sih :ng

Ngapain agan nyimpan2 gmbar berika di HP?
http://bit.ly/2BTWpeK

Saya cuma ngasih tahu,gak nuduh..periksa tensi gih :ng :D
Pas min,krng cocok skrg sama negara ini,setelah lihat artis2 mereka main di tv indo di sinetron yg begituan :ng
Itu masih rahasia,jd pake inisial :D

Inilah akibat kbnyakan makin daging2 mahak, darah tinggi naek, duh jadi pamerkan ;)
Halah, pling ntar kyk hiragan yg lalu, bilangnya pas tk taunya ngembat juga :ng
Rahasia ya? kok ane tau ya? :ng

Haha..bisa aja ngibul'y :ng
Hiragana pas awal2 kn gak terlalu merhatiin krn fokus sama Satoshi,tp semua berubah ketika cari tahu lebih,akhir'y jatuh sama Katoshi :D
Ya udah,kl tahu jd rahasia kita berdua..huek :D

Klo gk mampu gkusah sinis gtu lah gan komennya :D
Alasan aja :ng


EmoticonEmoticon