Judul Single ke-50 AKB48 Terungkap, "11-Gatsu no Anklet"


Judul single ke-50 AKB48 yang akan dirilis 22 November 2017 mendatang telah terungkap.

'11-gatsu no Anklet [11月のアンクレット]' akan menjadi judul single ke-50 AKB48. Hal ini terungkap di konser 'AKB48 Group Kanshasai ~Rank in Concert~ [AKB48グループ感謝祭~ランクインコンサート~]' yang digelar hari ini, 8 Oktober 2017 di Makuhari Messe, Chiba. Saat encore, '11-gatsu no Anklet' dibawakan untuk pertamakalinya dihadapan fans.

'11-gatsu no Anklet' akan menjadi single terakhir Watanabe Mayu yang telah mengumumkan kelulusannya dari group. Di lagu ini, Watanabe Mayu juga menjadi center untuk pertama kalinya setelah 3 tahun sejak dirinya menjadi w-center bersama Miyawaki Sakura di single ke-38 'Kibouteki Refrain [希望的リフレイン]' yang dirilis tahun 2014 lalu.

170 komentar

Itu Mayu di Apit sama Sakura ??
Yang bener aja, semoga itu salah gambar :v

Gw sgt amat berharap bgt lagunya sesuai dgn ciri khas Mayuyu, jgn kyk single terakhir Nyan, yg gak sesuai dgn karakter Nyan dan terlalu ngejar bwt ost doramanya yg gak sesuai jg dgn ciri khas Nyan dan jg mlh nonjolin member lain, dan lbh parahnya kennin pula, ini this case Sakura, dan gw berharap ajah main singlenya jgn lg deh pk gimmick ost dorama, mending kl doramanya sesuai ama ciri khasnya Mayuyu, dan jg jgn sampe Sakura terlalu mendominasi lg kyk Shoot Sign, kesannya menang banyak, rakus dan makan lahan yg seharusnya itu hak org lain, bener2 sgt concern bgt soal gituan, dan ntar pasti ada yg bilang, kl itu disuruh manajemen, kl nolak ntar ini itu, tp gw ingetin lg, seharusnya bisa tau diri lah, apalagi kennin ato bukan member ori malah, kl mau protes silahkan

Bukan....yukirin itu...gg tw kah kalo yukirin potong rambut

Perasaan dari single Shoot Sign sampe single ini warna kostumnya gelap Mulu :/ Mayuyu tak kusangka sebentar lagi grad dari AKB :" semoga single ini sukses deh dan berhasil 1 juta keping dalam sehari (*jadi inget single kuchibiru ni Be My baby yang gagal tembus :"v)

Tiga terdepannya anak Old Team B :D

Kenapa di ig tadi banyak yang bilang kalo koreo x mirip nogi sayonara no imi....penasaran pgn denggerin lagunya

Ilah maap khilaf :v
Gak namatin ane :v ane kira sakura habis itu ngapain tiga tiganya potong rambut, model sama pula :v :v

Lagi ngetrend disana rambut pendek hhahha
Santai saku juri masih dibelakangnya yuihan ma kitarie..

Berdasarkan foto yg bersebaran di tl

12gatsu no kangaroo ? SKE48 ? Haha
Mestiny judul single ny yg agak wah dikit dong mana ini single ke 50 lagi udah bisa dibilang golden lah dari era awal2 akb mana spesial mayuyu center lagi ele -_-

Habis dengerin rekaman dari Fans.
Menurut ane lagunya lumayan lah tapi sedikit mirip kek Nogi ntah mungkin itu perasaan ane aja

Nih yang mau dengerin

https://m.soundcloud.com/oshidol-48/akb48-50th-single-1

Dah dengerin lagunya, KEREENNNN XD Rasanya ane pengen joget-joget sendiri :D kesan Winternya kental banget jadi tambah suka :lv kayaknya reff lagu ini mirip sama bagian sebelum reff di lagu maebure. Atau emang cuman perasaan aja ?

Terus harus gimana gan judulnya ? :D

Judul gg penting sih...yang penting lagu dan pv nya...hahaha...

Krna mayu diapit yukirin dan sashi trus pke adegan pegang pundak kyak sayoimi

Lagunya Sesuai Dengan Karakter Mayu :lv
Namun Sayangnya Ane Kurang Suka Dengan Lagunya...

Seifukunya lumayan ala2 takarazuka kesukaan Mayuyu banyak renda gitu, tapi warnanya kurang wow. Ane pengennya warna khas Mayuyu yg cerah kyk pink, kuning, biru la.
Untuk judulnya ane kurang sreg, yah kecuali mereka mw sekalian promoin Anklet (cthny semua fans pk anklet pas grad concertnya) tapi bagusan sih yg agak keren soalny single ke 50 kan single emas nih (Golden Retriever lol)
Lagunya lumayan la, memang agak Nogi gitu tapi lagu mellow n feminin gini khas Mayu kok. Sayang belum bs lihat choreonya, tapi dari formasi Sasshi-Mayu-Yuki baris depan dan baris dua Yuihan boleh la, dan ala Mayuyu juga formasi V.

Aduh sedih dek Mayu udah mau grad :'(

Ane bersabar ajalah, nunggu clean ver aja :D

Klo agan pnasaran, tuh agan Riizqi diatas kasih link rekaman lagunya, klo ane nunggu clean ver aja :D

Iyakah gelap mulu? mungkin kayano shinobu lagi gundah gulana jd model bajunya pda warna gelap :D

Spertinya klo single mayuyu tembus satu juta, mudah2an :)

Duh ane mencoba bersabar gan mau dengerin bocorannya dulu jad gk bisa kasih pnilaian deh :ng

Pasti ada makna dibalik pmilihan judul yg seprti itu :)

Dah bnyak yg ngedengerin ya, cuma ane kah yg mencoba bersabar? :D
Gk suka dimanya gan?

Warna bajunya abu2 gitu ya? klo di komic conan, mnurut kogoro sam binya si eri, warna abu2 itu mlmbangkan kehangatan *mlah nyambungin ksini pla :D
Klo soal judul, ntahlah, mungkin ada alsan knp judulnya speri itu :D
Ane blum dengerin lagunya :ng

Akb kmbali akan ditinggalkan salah satu member emasnya :)

Lebih penasaran sama mv nya😢😢

Sashi nangis saatperpom lagu ini....
Speak oshima yuko:tidak ada center sebaik mayuyu👍👍👍👍👍

sashi nggak bakalan ikut keliatanya

pengen banget lagunya 11,12 dgn sukinanda tapi agak di modif dikit keceriaan memang lebih melekat di AKB daripada berusaha tampil melankolis elegant ala nogi malah saya merasa cuma team 8 yg masih AKB-ish sekarang

Lagunya ga sebagus sukinanda
Tapi ga sejelek shoot sign
Enak dan masih masuk lah ke kuping ane
Semoga mv sama dancenya juga nyantol
Susunan senbatsunya juga
Oengen tau mako di taroh mana wkwk

=( =( =( lagu AKB tahun ini bener-banjir bernuansa banjir air mata bahkan di sukinanda ada beberapa nada yg seolah-olah ingin bilang sayonara mayuyu kecil-ku si twintaill yg polos nan imut=( =(

Lagunya bagus, cuma sama kayak diatas :v bukan yg paling bagus juga :D
Kostumnya lucu :D vintage2 gitu
Semoga cepet keluar jaketnya sama tracklistnya :D biar tau mau mesen yang mana :D

Lumayan koq lagunya...walaupun tidak seburuk signt shoon lagunya nya..
Lagu ini dibawaka di encore1:setelah perform lagu ini mayuyu meletakkan mic nya.
Apa pertantanda ya

Yukirin motong rambut karna ada project bareng vogue jepang. *cuma meluruskan

Mimin: cokelat gitu min wkwkwk bukan abu2, itu dr volume 30an kykny kan wkwkwk

Tano: Mayuyu center yang bikin suasana ceria dengan keimutannya. Duh jadi sedih tau2 uda single terakhir :(

Ragnarok: Sukinanda MVnya bikin cecungukan mmg gan, kyk si Mayuyu uda mau pergi gitu. Padahal lagunya ceria ya gak sih :( :( :(

Tapi lagu grad untuk Kojiharu dan Mayuyu sbnrnya bikin ane agak kzl. Shoot Sign untuk promosi film, center MVnya ada si Sakura juga.

Yang ini mmg belum ada MV tapi line up nya agak gimana gt ane krg sreg

Sepemikiran dgn agan Tuberose soal Shoot Sign, sumpah itu single plg bikin gedeg, kesannya Nyan center cm formalitas ajah, pdhl mah sbnrnya scr terselubung manajemen pengennya Sakura jd center dan lbh nonjolin ost dorama gulatnya yg sama sekali gak sesuai dgn karakter Nyan, asli pengen naik darah itu, mending kl member ori, lah ini udh cm kennin, ngambil jatah org lg

Nah kl utk single ini, untungnya gw udh denger bocoran lagunya, dan menurut gw at least msh sesuai dgn image Mayuyu lah, dan kl soal line up senbatsu, gw cm krg sreg dgn kenapa msh ada Hanachan, udh tau SSK cm rank 80, cm ngandelin faktor X, yg justru bikin fans ilfiel, dan sorry to say ajah, setuju gak setuju kl gw mau jujur ajah sbnrnya yg bikin AKB makin menurun yah krn terlalu menganakemaskan member HKT disenbatsu, spt slot sister grup terbanyak, sama terlalu dianakemaskan Hanachan yg mungkin sebagian org termasuk gw yah gt deh, sama Sakura yg jg suka ngambil lahan yg harusnya itu hak member lain spt Shoot Sign yg gw jelasin diatas, dan jg single2 48G sepanjang tahun ini, bisa dibilang gak ada yg bisa meledak bgt dipasaran, coba liat SKE, emank cm sekali rilis single thn ini, tp impact msh lbh mendingan, meskipun ada yg bilang krn gimmick single bikini, NMB ajah yg gak keluarin single, yaitu cm album ajah msh lbh ok menurut gw, apalagi debut single NGT yg emank gak spesial2 amat, tp sudah lbh dr cukup lah apalagi mau rilis single ke 2 dgn OgiYuka jd center, jauh lbh ditunggu ini kemana-mana, yah krg lbh pendapat gw spt ini, kl gak setuju mongo, terutama sumbu pendek dr itu tuh

Coba dengerin lagu tuh jangan liat siapa membernya, seperti apa MVnya, atau blablabla lainnya. Coba nikmati lagunya yang cuman berupa audio pasti kerasa kok enaknya ;)

"ashi nggak bakalan ikut keliatanya" <- maksudnya ikutan apa gan? @@,

@Team:
Siapkan tisu, ane nuggu kejutan apa yg bkal dihadiirn ntar di konser grad Mayuyu :)

===================

@Tube:
Coklatya, ane ngeliatnya abu2 :D

Krng sreg gmn? @@,

==============================

@Edu:
:)

===================

@Varudo:
Ane nunggu versi clean :D

Akb jg gk sellau ceria dan klo lagunya melankolis lbih baik gk usah disebut berusaha bla bla ala nogi, bagi sebgain orng bisa bikin panas negbacanya :)

Ntar mungkin MV nya bisa membuat pnilain sama nih lagu bertambah :D
Mako? Kojima Mako?

Setidaknya ada kata "bagus" nya lah :)
Wih, naek pangkat nih, gk jadi shabat bumi lagi? :D

Pertnda suara dia akan berakhir berkntribusi di 48G dan melanjutkan ke masa depan yg (semoga) lebih cerah :)

@Edu: akhirnya ane ada teman wkwkw sbnrny HKT mw unggulin siapa buat ane ga masalah, tapi pembagianny ga fair buat SKE. Jlh member HKT yg msk senbatsu blkgan selalu lbh byk dr SKE kalau mw ngomong dr hasil SSK, lah SKE ad Sarina juga kan?
Single x ni HKT 5 NMB 4 SKE 3, gr2 Sasshi center jd dy grup dpt keistimewaan gt?

Katanya sukinanda adalah senbatsu beserta keikutsertaan sashi yg terakhir jadi bisa jadi sashi kagak ikut?

Terkahir di SSK x mksudnya gan, d senbastu single ini sashi ikutan kok

tapi memang kenyataan kok gan rata2 viewer AKB terbanyak adalah lagu yg nuansanya ceria heavy rotaion,KFC,kimi no koto ga suki dakara,everyday setiap idol group yg aki-p ciptakan punya keunggulan masing2 soal musim trend sih itu tergantung moodnya penonton,berharap AKB tetep di jalur happy fun tapi agak ada modifikasi

Tapi saya fair nogi pun nggak bisa melakukan seperti AKB terhitung natsu no free saya anggap single gagal

Iya, cuma ya gk enak aja, tar tkut ada yg salah pham ngira komen agan bandingin group satu sama yg laennya :D

btw oh iya contoh ajaibnya sukinanda adalah meskipun lagu ceria tapi kok agak punya aura sedih,AKB itu lebih punya sisi emosi saat lagu2 ceria

Aduh plis dong udah basi ngomongin line up
Setuju ga setuju ga ngaruh sama keputusan managemen juga
Nikmatin dong
Konteksnya ini udah bahas lagu dance sama kostum
Bukan lagi line up senbatsu
Sekian :)

Semoga di tunguu wkwk
Iya mako sepertinya di belakang tuh hmm

denger koment kayak gitu serasa ingin istirahat ngidol dulu plus mulai cari hobby baru macam kolektor burung kicau

Jadi, sakura no ki ni narou itu mirip nogi? Meski agan gak bermaksud buruk, tapi tolong berhenti membanding-bandingkan :)

Khusus last singlenya mayuyu ndak, sisanya tetep :D :D :D

Sedih ladang emasnya berkurang 1 ya? :D

Untung gw udah mulai mupon dan nglirik negeri seberang, jd gk nyesek2 amat mayuyu grad apalagi setelah ditinggal mb paruru :'(

Langkah yg tepat juga manajemen nyiptain sukinanda memang potensi awal akb memang di genre ceria

tapi Sakura no ki ni narou secara reaksi bukan lagu utama,tetap masih kalah dgn heavyrote sedangkaan nogi melambung namanya berkat inochi wa utsukushi btw dibanding hanya ngikutin trend lebih baik AKB bikin lagu idolish cheerfull tapi agak di modifikasi yahh memang ini kok potensi AKB dgn begitu bisa debedakan mana AKB dan mana nogi

@ganteng : Sependapat :v
Selalu ada cekcok klo soal Line Up
#oops

Kojimako ikut senbatsu ini ya?
*gra2 push Mako nya gk terjadi lagi utk sat ini, jadi ngambang soal nasib Mako ane :)

Kan single nya terdiri dari bbrapa type tuh, yakin beli semua typenya gan? :ng

Ngeri seberang, korea kah?
Gk nyesek tpi kok diakhir kalimat pake emot sedih gan? :D

Gimana Ane Bisa Nunjukin Bagian Yang Gk Ane Suka Kalo Agan Belum Dengerin Lagunya :p

Aku jg ngk sedih 😢 tp hanya merasa kehilangan....
Kepingin tahu akb tahun akan datang...seperti apa????

Kehilangan sosok member besar di AKB :)
Akankah ada ultah akb yg ke-20??? :)

Hmm sedih juga ane
Liat mako di belakang gitu
Harusnya dia hmm
Syudahlah
Semoga ga grad sih wkwk

sashi bertitah "babe terlalu menganak emaskan keyaki" XD

Bgtulah gan, pdhal dlu brhrap bnyak sama dia n naanya, tpi yaaa sudahlah :)

saya malah kebalikanya 2008 2012 an seneng antara jpop kpop seneng korea drama. 2013-sekarang cuma seneng jpop,jdrama,anime XDXD

Tahunnya aja beda hebirote sama sakura no ki. Dan agan kok bilang sakura no ki bukan lagu utama? Itukan mainsingle.

Cuma saran gan. Klo nulis adain titik sama koma biar ane paham pemenggalan katanya :)

Makanya mau liat b-sidenya dulu :D yg cocok yang mana :D beli semua tekor saya :D :D :D

Korea atau china tu? :D kan sama2 nyebrang :D

Nah bener tuh, korea atau china? trus korenya korsel atau korut? :D

Nah berarti jurus sahabat buminya masih dipake kan? :D

Bukan gan, itu trinspirasi dri yamaguchi momoe di lagu sayonara mukou yg prnah dinyanyiin kazumin.

Ohhh, Mayuyu fans Momoe jg kah? @@,

simple cerita single yg melambungkan nama AKB tetap heavyrote,orang awam kenal AKB48 ya dari heavyrote yg nuansanya ceria.nogi aja sudah nyerah bikin lagu musim panas ala AKB ya semua punya style masing. masa semua idol aki-p harus dipukul rata abu2 hitam suram ala keyaki???ya enggaklah idol group aki-p harus lebih berwarna

lagu utama dalam artian lagu yg identik dgn AKB dan secara reaksi sakura no ki terlihat seperti bukan lagu utama.bagi saya yg otaku lama idol group yg identik dgn akihabara memang idol yg cheerfull idolish warna pink sudah jadi identitas akihabara twintails kawaii ya itulah akihabara

koriya lah bang, lagi suka yg jepang rasa koriya, Sana twice.

kalo china malah gk nglirik samsek.
gabisa ikutan nyanyinye :v

Team Ragnarok
gw malah dulu paling anti ama yg berbau koriya, dulu gw cuma iseng ikut jejepangan tp lama2 bosen.:v
Smua berubah stelah gw diajak nnton drakor sm pacar jdinya keseringan nnton trus mrembet ke kpop jg :D

Di twice jg ada yg mirip mbk mantan jga (Acchan). :D

kalau saya cuma suka blackpink jejepangan dari dulu sampai sekarang nggak begitu maniak bahkan kpop juga kurang maniak ngidolpun sekarang sudah nggak semaniak dulu entah jepang atau korea saya hanya mau ngikutin yg cocok2 aja mungkin faktor usia atau memang saya dari dulu punya prinsip nggak mau di perbudak hoby :) pemikiran saya sekarang lebih berpandangan luas ternyata masih ada hal yg lebih menarik daripada ngikutin kore2an atau jejepangan

Lah iya ya(?) :D tobatnya setengah2 :D :D :D ygpp lah :D

Waduh ada yg suka sana :D untubg agan mac jarang liat artikel akb :D :D :D

team ragnarok.
Blackpink juga suka, lagu2nya catchy.
Yg gw suka dari korea tu lagu2 antimainstream sama diputer berkali2 pun gak akan bosen.
Hehehehe bener bang suka tapi jgan sampai over.:v

Andhika Tanaka.
Disini jg ada yg suka sana kah?.
Sbenernya gw gk cuma suka sana,tapi yg paling candu tuh si sana,:D

Owlaah twice toh, :D

"untubg agan mac jarang liat artikel akb" <- Hahaha, amanlah, gk bakal angker kcuali dia ngendus juga kesini :D

70% sahabat bumi, 30% gk shabat bumi :ng

^
Iya gan twice, bagus kan?.
Yg comeback jepang lagu+mv nya bagus.. Gimme Gimme more....

Ada apa dgan agan mac??.:v

Menurut gw gk akan ada gebrakan besar dr akb.. Akb48 posisinya stagnan, terkenal tapi sudah tidak seprecious dulu.. *cumapendapatgausahbully. :D

"Ada apa dgan agan mac??" <-- dia fans twice, ane tau twice jg gra2 dia :D

Berharap AKB kembali jaya, dgn member orinya pastinya :)

Lah trus kenapa gan??..
Ribut gitu rebutin bias, yakali gan guenya aj cewe, gw suka twice cm skedar ngefans.:v

Susah gan dan bisa dibilang gk mungkin..:D
Buat ifol yg sudah lebih dari 10 th, itu udah masanya bubar atw masih bertahan tp stagnan,contoh momusu.

Hahaha, gk ribut, cuma perang delusi :D

Pens korban delushit.:D
*Makanyacaripacar.

keajaiban ohhh keajaiban...
Datanglahh.. :D :V xD

Di blog ini mah gitu, komen soal postingannya cuma 2~3 komen, slebihnya perang delusi, :D
Tpi bukan delusi yg macem2 loh :D

bicara delushi jujur status saya sudah nikah,tapi masih ngidol kok tapi preferensi ngidol cuma buat suka yg cantik2an aja jadi nggak segalau dulu seolah-olah nganggap oshi=pacar

tapi dari dulu jaman momusu sampai 48 style idol group cuma tipikal imut kekanak kanakan NMB pun meskipun stylenya sexy tetep menonjolkan sisi kekanak kanakan style rambut cuma poni yg nutupin jidat warna hitam, baru di era 46 series style rambut poni yg nutupin jidat agak di tinggalkan mungkin ini penyebab stylenya membosankan plus member2 nogi mulai berani mewarnai rambut ala girlsband korea mungkin itu juga yg bikin nogi terlihat glamour ala girlband korea tapi tetap dgn konsep idol jepang

oh iya dulu ada member2 48 bermuka glamour yaps tomomi itano,kojima haruna,iriyama anna semua masuk kamioshi di team 8 yg mencolok itu mogi kasumi wkwkkwkw

Semoga Akb taun mendatang tidak seperti SNSD

Tidak juga, member 48 bnyak yg juga stylist, apalagi soal urusan model rmbut, gk model poni doang :)

Taruh micropone di bawah apa maksud nya min (anak baru)

Maksud agan makna Mayuyu taru mic? kurang tau juga makna sebenarnya, tpi klo info dari komen mbak Nur diatas, itu trinspirasi dri yamaguchi momoe di lagu sayonara mukou.

Mimin :Wkwkwk coment versi ala Mimin klo udh gregetan. Cuman pasang mood :). Kok kyknya yg bersangkutan gak nyambung ya sama yg ngasih saran dibwahnya wkwkwk :D. Bercanda :-bd

tapi terima realitas juga saat wajah2 glamour itu grad sinar AKB serasa redup member2 kayak nyaan,annin,kato rena,mirurun dll secara tidak sengaja punya peran vital untuk menarik fans awam,mayuyu dulu identik twintail kawaii mulai meredup saat bertambahnya usia,mungkin bener kata si sananana shy, saatnya AKB memasuki fase stagnan istirahat

menurutku yg jd masalah bukan visual karna visual is depending on taste...
Masalahnya adlh musikalitas dan konsep akbg yg sudah tidak jamanya,dan tidak memasar kecuali bagi fans. Ini realitanya loh jarang ada nonfans yg suka lg akb. #SokTau

revisi "Ini realitanya loh jarang ada non fans yg suka dan nyantel lagu akbg"

Fans sekarang lebih cerdas dan terbuka,, kalo dulu mereka suka akb karna konsepnya dan karna gadis2nya.
Sekarang bahkan fans aj banyak yang bosen bayangkan di 48g ada berapa cewe,dan pastinya cantik..
Harusnya akb memperbaiki musikalitasnya dan konsepnya, supaya orang awam pun tertarik lagi dg akb..
Contoh group2 kpop itu berani dalam hal musikalitas jd orang awam dari barat sampai timur tertarik dg mereka. #SokTau

Tapi untuk sekarang sudah terlambat untuk akb,, intinya terima nasib #SokTau

Khidupan seperti roda berputar *halah :)

roda berputar tapi kalau manajement tidak segera membenahi musikalitas agar lebih ke kinian coba agan berkaca juga pada morning musume 17 belum ada kebangkitan yg signifikan sejak era kejayaannya th 1999-2008 kalau hanya bergantung pada fandomnya saja kejadian yg sama akan terjadi pada AKB dan sisternya kita sebagai fan lama nggak boleh terlalu egois mencibir "ahhh itu mirip kpop musiknya anak jaman now,ahh EDM bukan selera saya dll" menjaring fan baru itu sangat penting gan dari pada harus terlalu tetap bertahan pada fan lama

Emngnya musik akb gk kekinian ya? Musik yg kekinian itu sprti apasih? @@,

tau sendirilah sederhana saja gan coba liat lagu despacito,model2 musik pop ngebeat coba juga dengerin Gb blackpink macam EDM RnB,Hiphop,yg selalu menunjukan dance2 yg atraktif dan hairstyle yg kebarat baratan dll ,itu juga kalau AKB mau nurutin selera pasar internasional tapi kalau cuma nurutin pasar jepang yg ada jatuhnya kayak musik trend 90an mengingat populasi orang jepang sekarang cendrung lansia

Bukannya lagu2 AKB ada juga yg edm, rnb, rap, dsb? @@,

Tapi masih terasa kurang dari skill atau kuakui genre idol kurang bisa diterima internasional untuk ini ku akui kpop jauh menglobal dulu kpop diramal redup tapi ternyata hal itu salah skill dance,bernyanyi merekalah yg bikin kpop bisa bertahan popularitasnya alasan jelas jika akip nyiptain keya untuk menjaring fans anak muda

Klo soal skill mah bukan akb aja yg kurng gan, 48g termausk sakamichi jg kurng skill setidaknya skill menyanyi :ng

Bener sih lagu 48g jg ada yg edm dst, tp menurut gw musik mereka kurwng banget, dalam segi nada kebanyakan lagu akb datar nadanya.
Padahal mereka pasti pnya member yg bisa nyanyi dan nyampai highnote, paling gk dalam lagunya dikasi part yg high note, jadi lagunya gk terkesan datar. #SokTau

Karna yg dijual 48g sm SS itu brand bukan skillnya. Asal member itu banyak fansnya,pasti banyak iklan dan project buat mereka.
Kalau untuk menjaring fans sih mgkin untuk saat ini keyaki berhasil, karna dia membawa warna musik yg berbeda dr saudara dn rivalnya. Tapi untuk selanjutnya mgkin nasibnya sm ky akb, anget2 tay ayam gtu ibaratnya. #SokTau.

kurang setuju dgn 46g selain grupnya masih baru sampai saat ini dalam hal popularitas 46g cenderung memilih jalan stabil daripada menanjak dan cendrung mainstream kalau soal musik skill saya akui genre idol group itu kurang,manajement tahu kok kalau suatu saat member2 nogi yg populer bakal grad tapi dari geliatnya aja keliatan nogi dan keya nggak akan mau terjebak di lubang yg sama paling tidak meminimalisir keadaan dari musik pun sakamichi jauh lebih terlihat modern member2nya lebih rapi dan lebih enak dipandang kesan saya pada nogi keya tidak seperti idol2 terdahulu,dibelakang sakamichi juga ada nama besar sony LLC.kalau soal skill toh GB2 kayak gfriend,twice saya sudah tahu skillnya bernyanyi mereka yg sebenernya kayak gimana wkwkwwk,kebanyakan GB BB di videoonya juga banyak pakek aoutotune(kecuali anak asuh YG entertainment yg memang punya skill yg mumpuni)intinya sih seberapa bagus musiknya seberapa menarik muka membernya itu aja

jika saya nilai sih
GB/BB korea =anatara 80 dan 89
46g=76 dan 77 an
48g=60-68
kebanyakan di 48g yg punya skill kayak kishino rika,kinoshita momoka umeda ayaka penampilannya kurang menarik,kurang di lirik manajement kalah dgn member yg ngandalin visual kayak shiroma miru

@Sanana:
Datar slam easy listening gk msalah, selera sih :D

==========================

@Team:
Ini nilai apa nih? nilai suara?
Sama aja gan, di 46 juga gtiu, yg pande nyanyi juga gk dilirk2 amat, krena ini dunia bisnis, yg pande gaet fans bnyak itu yg dilirik :D

Inget aja, ini dunia bisnisn dmn keuntungan jadi prioritas, jadi ane stuju klo dibilang member yg "ngejua" yg dilirk mnajemen ^_^
Ya, keya sejauh ini dibilang sukses gra2 "warna" musik dan "image" idol yg mreka suguhkan berbeda dgn idol laennya, jd sprti membawa hal baru, sola kedepannya, dri pda nebak2, nikmati saja :)

Team Ragnarok.
Ya harusnya diakalin lah, yg populer jd front row. Yg punya skill walau dibelakang kasih part nyanyi yg bagus, bagian gongnya gitu . Kan lagunya jd gk datar lebih berwarna.

Anaka.
YA thats right, selera.
Tapi smpe kpan mereka mau main aman, gk berkembang dong?. Dan kebanyakan lg datar itu wlau easy listening tp cpet bosenya. #pendapat gw.
Lagu akb yg smpe saat ini nyantel di otak gw, dan masih sering gw nyanyiin cma hoshi no mukougawa,Yume no kawa sm better. Bahkan lg hits mereka sprti HR cma bberapa saat nangkring trus bosen.

Maen aman? Ane rasa enggak, AKB jg dah bbrp kali ngerilis single dgn genre lagu yg berbeda2 kan? cuma ya itu, selera, ada yg suka da yg enggak dan itu dah hukum alam (Halah) :D

Team ragnarok.
No comment dah kl SS gw gak ngikutin.

Ya gk semua kali bang disetia grup kpop kan ada pembagian posisi dan pasti ada yg jadi main vocal dan itu pasti skillnya bagus. Soal autotune itukan cuma buat pelapis, kalau sampe nadanya gk sampe tapi mreka ttep nyanyi kan coba liat di MR removed, walau gk bagus2 amat paling gk stabil.
Kurasa gk cuma YG bang agensi lain jg banyak kok talent yg skillnya bagus, cuma mmang YG itu lebih memikirkan skill daripada hal lain.
Gw gk setuju sm pndapat abng, banyak juga kok yg masih menilai tnpa embel2 visual. Jujur gw suka lagu2 korea karna musiknyq bagus easy listening sm gabosenin, walau kadang visual masih dalam penilaian gw, tapi gw lebih ke musiknya. Gw juga suka ost2 drama, walau penyanyinya gakdikenal atw visualnya standar tp gw suka.

anaka.

Bener gan.. Se7.

Genre sih berbeda, edm atw apapun..
Tp soal musikalitas mreka, vokal mereka kurang ditonjolin padahal pasti ada mmba yg vokalnya yg mumpuni.
Gw kasih contoh, akb buat single centernya terserah siapapun, paling gk dalam susunan senbatsu ada yg jago vokalnya trus dia dikasi part yg buat bagusin lgunya. Padahal selama ini ada Sayanne, tapi yagitu. #SokTau

Nah balik lagi kedunia bisnis kyk komen dibawah, klo yg pande nyanyi kurng bisa mendatangkan keuntungan ktimbng yg gk pande nyanyi tpi bisa nyri hati fans ya gitu hasilnya ^_^
Lagian musik 48G emng lbih rentan "membosankan" krena musik mreka yg bisa dinikmati bukan hnya lwat single/album, tpi musik theater yg stiap hari diadain, berbeda sam group laen yg musiknya hny bisa dinikmati lewat single/album, jadi sbenanrnya usaha 48 emng lebih sulit *sok ngerti x ane :)

Business stil business.
Apa memba sprti sayanee,yukirin, yui,okada nana itu gk populer?.
Mereka populer dan skill menyanyi mereka bagus walo range vocal mereka gk pnjang. Tapi yagitu akb nya yg cari aman, mreka tidak berani mengeksplor musik mreka.

Mungkin alasan mereka karna mreka jg joget.Tapikan gk smua lagu jogetnya berat, cntoh lagu macem negaigoto yg dance kalem aja, nadanya datar, Padahal ada sayanee dll. Paling gk ada gongnya sbagai klimaks lagu.
Yg ke theater kan gk semua orang,yg jadi membosankan mnurut gw bkan karna sering denger tp karna ya itu ,musiknya. #soktau ;v

Yah namanya jg group, gk mungkin cuma gra2 sura vocal mreka lbih unggul mreka di anak emaskan, toh di bbrp lagu kyknya mreka jg pernah dikaish part solo, setidaknya keunggulan mreka diapresiasi oleh mnjmen dgn bikinin mreka single/album solo (setidaknya utk yukirin sama sayanee) :)

"Yg ke theater kan gk semua orang,yg jadi membosankan mnurut gw bkan karna sering denger tp karna ya itu ,musiknya." <- gk mesti ke theater, musik theatr juga bisa dinikmati bhkan sama fans luar ngeri jpang sekalipun krena musik thetar 48G juga dirilis kan? :)
Jd mnurut ane, menjaga agar musik tdk "membosankan" emng lbih berta utk diemban 48G ktimbang group lainnya, mnurut ane :)

Berkaca dr seberang.. Bahkan main vocal suka kalah populer dg member lain. Tapi yagitu, karna yg diutamain musiknya ya mereka ttep maju jalan.
Setidaknya akbg bisa sperti itu, toh gk rugi2 amat kasih sedikit part ke memba vokal bagus. Bahkan kl hasilnya bagus akb jg diapresiasi.
Kl menurut agan, agan lebih impresif dg musik yg datar easy listening atw musik yg lbih bervariasi nadanya?.
Hmmm bener kbanyakan lagu akip lirik bagus tp scara musik underated. #SokTau. dan slalu gitu2 aj jd "membosankan".

Musikal sberang jg gak lancar jaya diawal2 mreka hadir, dan member yg punya vokal bagus jg gk sering2 amat dikasih part solo, mlh lbih untung bbrp member 48g yg kyk ane bilang, suara mreka diapresiasi dgn dibuatin single/album solo, sdngkan yg sberang, sejauh ini blum :D

Ya klo boleh milih ya pasty easy listening + bervariasi, cuma membuat sprti itu bukan hal mudahkan + dgn single yg dah bejbun maka ane anggap wajar klo ada yg bilang "membosankan", mari brhrap akb & siter groupnya bisa tetep dan trus jaya :)

Seberang yg dimaksud agan mana nih.
Kalau korea,mmang awal2 kurang dterima, tapi mereka mau berkembang jadinya sekarang hmpir seluruh dunia menikmatinya. Klau untuk solo banyak jg kok, tp kebanyakan project luar bukan dr agensi, misal ngisi ost drama, atw dsuruh kollab duo ama musisi lain.

Hahahhah,bener dah pilihan agan.
Ya mksud gw kdepanya mereka mau mengembangkan hal itu. Gw aminin dah. :D

Hahaha, sepertinya ada salah paham ini soal kata "seberang" :D

Ya namanya hrapan pasti pngen yg bagus :D
Moga 48g dpt komposer2 yg bisa ngolah lirik aki-p jd lagu2 yg bgaus :)

disinilah pinternya LLC mereka menggunakan sistem undermember untuk menampung member2 yg berbakat tapi kurang di lirik fans kayak kwamura mahiro dkk saat senbatsu melempem undermember bisa jadi alternatif.di 48 boro2 dapet senbatsu kadang member2 bertalenta kayak iwasa misaki aja jarang ikut terlibat di single.jumlah yg terlalu banyak dan persaingan menarik penonton SSK dan kenin malah kayak blunder bagi AKB member dgn suara emas kayak sayane yg jadi tumpuan lagu tertutup dgn suara member2 lain

dan juga jumlah member nogi nggak terlalu banyak jadi agak efisien banget

Iwasa Misaki dibuatin single solo loh gan :)
Mana lbih baik, nyanyi rame2 tpi kualitas ktutup atau enggak kpilih snbtsu tpi dibuatin single solo yg bisa lebih memperlihatkan kualitas sang member tersebut? :)

Se7 sm agan anaka.:D

Bener dah konsep akbg yg bertim tim dan ada SG jd blunder untuk akb saat ini.
Mgkin 48 china bakal mengalami hal sama kya yg akb alami dimasa depan.:v

a both why not sok inggris XD jika bisa keduanya kenapa enggak dan juga saya nggak ragu dgn keputusan yg LLC sony music buat lagipula jam terbang sony musik di industri musik cukup lama udah go internasional pula, alasan kenapa LLC mempertahankan kawamura di undermember kenapa kok nggak mempersilahkan grad atau paling tidak di buatin solo song kayak iwasa misaki pasti ada alasan tertentu,bagi saya undermember dan senbatsu di nogi serasa hanya sebuah gimick bisa saja di masadepan jika sistem senbatsu sudah meredup tidak menutup kemungkinan nogi bakal pake sistem yg lebih baru sorry untuk jawabanya yg terkesan berbelit belitXD

tapi itu sebatas perkiraan saja

maaf jika jawaban saya agak nggak nyambung wkwkwkw

tambahan lagi suara kawamura mahiro di undermember sekarang bagaikan roh seperti halnya ikuta erika untuk senbatsu di lagu futogou aja di nada2 tinggi kawamura mahiro begitu keliatan suaranya yg khas

tapi sayang sekali malah sang rival yg ngegunain taktik itu

Team ragnarok.

Oh gitu..
Sorii gw gk begitu ngikutin SS.
Iya ya gan sayang bnget, akbg terkedan cari aman. #SokTau

bisa dibilang SS46 itu pembenahan sistem IG aki-p yg terdahulu di SS sendiri lagu2nya tinggi rendahnya nada keliatan jika di banding 48 family yg terkesan datar di sini juga nggak ada SSK dan kenin member2nya juga nggak terlalu banyak,bakat masing2 member jadi bisa lebih terekspose :)

Pembenahan yg mmbuat induknya makin terlihat terpuruk.
Apalagi group2 korea banyak yg debut di jepang,contoh twice yg konsep dan lagunya tipe cute mirip2 lagu akb48, bagaimana persainganya?.Secara dilihat dr viewers youtube lagu jepang twice, sangat diterima dan populer di jpg.

Kkeya lagi masanya..
Sama seperti akb aemua punya masa..
Emang bener kata orang.
Yg lebih muda lebih menarik dari yg tua.
Mau itu cwe,alat electronik atau idol group sekalipun.lul
Cuma kendaraan doang yg salah satunya ga terpengaruh sama statment ini.

Makanya, mari berhrap akb masih bisa bertahan dan trus berkarya sambil berdoa mreka kembali jaya :)

mungkin aki-p mau meruntuhkan akb mungkin wkowkwkwkw XDXD

Msak aki-p ngeruntuhin pintu rzekinya gan :ng


EmoticonEmoticon